Tips Agar Pisau Tak Lengket Saat Memotong Ketupat – Amankan Tajamnya Pisau Anda

Seringkali memotong ketupat, lontong, dodol, wajik, jadah, dan makanan lengket lainnya kadang membuat bagian pisau menjadi lengket dengan sisa makanan tersebut.

Hal ini tentu akan menyulitkan proses memotong ketupat karena setiap kali akan memotong harus membersihkan pisau terlebih dahulu. Apalagi dibutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan pisau yang ditempeli makanan lengket yang sudah kering.

Bagaimana caranya agar pisau tetap enak dilihat dan terlihat tetap bersih setelah dipakai memotong?

Ada 2 caranya :

Cara Pertama :

Sebelum dipakai memotong, basahi pisau dengan air matang bersih. Seringkali rasa lengket timbul karena bahan makanan lebih lembab daripada pisau. Sehingga membasahi pisau dengan air matang, tipis-tipis, akan membantu proses pemotongan menjadi lebih mudah. Bila pisau menjadi kering, ulangi dengan mencelupkan pisau ke air matang. Cara ini cocok dipakai untuk memotong ketupat, lontong, dan lemang.

Cara Kedua :

Sebelum dipakai memotong, pisau dilapis dengan plastik maka pisau akan terbebas dari lengket. Untuk cara kedua ini paling cocok dipakai untuk makanan yang mengandung minyak seperti dodol, wajik, dan jadah

Mudah bukan?

Sekedar info, ada beberapa masakan ketupat yg cukup unik, salah satunya dari Kabupaten Kayong Utara, namanya ketupat colet.

Menu makanan ketupat colet, menu khas Lebaran ala Melayu di Kabupaten Kayong Utara. Menu ini saban tahun mudah ditemui di rumah-rumah warga Melayu Kayong, baik saat Idulfitri maupun Iduladha.

Menu ini kadang menjadi tradisi pula pada acara syukuran ataupun selamatan tertentu. Misalnya pindah rumah, tolak bala, dan lain-lain. Ada juga yang buat ketupat untuk kepentingan bisnis.

Disebutkan dalam pontianak post, ada anggapan di kaum Melayu, Lebaran tanpa ketupat seakan tidak meriah. Sebab, diakui, ketupat merupakan menu utama di hari raya yang diagungkan umat Islam. Kaum Melayu Kayong Utara, disebutkan, biasanya menyajikan menu khas ketupat, di mana puncak-puncaknya adalah pada hari pertama atau kedua lebaran. Selepas hari itu, sajian ketupat tidak sebanyak di hari sebelumnya. Setiap tamu yang berkunjung ke rumah warga, keluarga, dan sanak saudara, maka tuan rumah akan menyuguhkan ketupat colet buat tamunya.

Lauk utama ketupat colet biasanye masak lemak (santan) daging sapi atau ayam, atau rendang daging atau ayam. Kadang juga lauknya ikan pari, tenggiri, teri, toman, ruan, dan lain-lain sesuai selera guna penambah nikmat makan ketupat.

Kepada setiap tetamu dan sanak saudara yang datang, tuan rumah akan menyuguhkan satu pinggan (piring besar) ketupat dan piring (piring kecil) masakan lemak daging sapi atau ayam. Kalau tamu lebih dari satu orang, ketupat colet yang disajikan juga lebih dari satu hidangan.

 

Sahabat Kabaringan, ternyata belajar internet itu mengasyikan... apa lagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... sesuatu banget deh... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah ini solusinya.... & dapatkan Tutorial Gratis Internet Marketing selama 1,5 Tahun!