Cara Dapat 20 Manfaat Dari Meditasi Kesadaran Cukup 5 Menit Per Hari

Secara umum, manusia berada dalam kondisi autopilot, bergerak cepat dalam hidup dan pekerjaan tanpa benar-benar memperhatikan segala sesuatunya. Meditasi kesadaran adalah salah satu cara melatih otak untuk memperhatikan dan mengapresiasi detil pengalaman, sehingga Sahabat dapat merasakan kesenangan dari suatu peristiwa dalam hidup Sahabat  dan memperoleh manfaat kesehatan secara signifikan di saat yang sama.

Cara melakukan meditasi kesadaran sangat sederhana – Sahabat cukup duduk tenang dengan mata terpejam dan membayangkan salah satu aspek dari pengalaman Sahabat baru-baru ini. Berkonsentrasilah pada satu hal saja tersebut selama waktu tertentu, misalnya 5 menit.

Sembari berkonsentrasi pada pengalaman yang dipilih, perhatikan pula secara sadar: aliran udara yang keluar masuk hidung, atau naik turunnya perut saat Sahabat bernapas.

Ketika perhatian Sahabat terpecah – dan ini akan terjadi! – cukup hentikan pikiran tersebut dan kembali pada membayangkan pengalaman yang dipilih dan aliran napas yang terjadi.

Ini adalah keseluruhan praktek – Sahabat tidak perlu latihan mental tambahan. Cukup ingatkan diri Sahabat untuk mengembalikan perhatian pada kejadian dalam pengalaman dan pada pernafasan.

Itulah intinya. Itulah kelebihannya! Begitu sederhana.

Kenyataannya, Sahabat perlu mengarahkan diri hingga ratusan kali ! Dalam lima menit. Setiap kali ini terjadi, Sahabat seperti menjalani push-up mental – Sahabat membuat otak makin kuat.

Diakui, bahwa ini lebih sulit daripada kedengarannya. Kita cenderung teralihkan oleh pikiran – pikiran kecil yang datang di kepala kita, seperti : “Udaranya terlalu panas”, “Sudahkah saya membayar tagihan?”, “Apa menu makan malam nanti?”

Namun, dengan terus menerus melatih agar perhatian senantiasa tertuju pada hal yang sudah kita tentukan yaitu bayangan pengalaman dan pernapasan, secara bertahap meditasi kesadaran ini akan membantu menenangkan “kekhawatiran internal” ini, sehingga otak Sahabat dapat lebih fokus dan utuh dalam hidup Sahabat.

Jika semua ini terdengar aneh, kami ingin Sahabat tahu bahwa Sahabat tidak perlu menjadi biksu atau bersembunyi dalam biara. Meditasi kesadaran tidak terikat pada agama apa pun. Praktik ini telah diteliti secara luas dalam kondisi klinis secara bertahun-tahun – lebih dari 20.000 penelitian, tinjauan, dan makalah yang menguji berbagai aspek terkait meditasi kesadaran telah didaftarkan di National Institutes of Health’s National Library of Medicine.

Beberapa di antara literatur tersebut menyatakan bahwa, jika dilakukan secara terus menerus, dalam jangka panjang proses sederhana ini akan memberikan manfaat kesehatan fisik, mental, dan emosional yang luar biasa.
Bahkan, hanya dengan lima menit setiap hari, Sahabat akan segera melihat perbaikan.

Penelitian-penelitian yang ada menyatakan bahwa meditasi kesadaran dapat:
01. Menurunkan kadar stres kronis
02. Mengurangi nyeri
03. Menurunkan kadar kortisol, hormon stres yang terkait dengan penurunan kognitif dini
04. Meningkatkan fungsi kelenjar adrenal
05. Menurunkan denyut jantung dan pernapasan
06. Menurunkan tekanan darah
07. Mengurangi insomnia sebagai akibat kekhawatiran berlebih
08. Mempertinggi fungsi sistem kekebalan tubuh
09. Meningkatkan respons antibodi terhadap vaksin flu
10. Meningkatkan energi
11. Mengurangi gejolak pada sistem pencernaan
12. Menurunkan kemarahan, depresi, dan kecemasan
13. Mengurangi pemikiran negatif berulang
14. Meningkatkan empati untuk diri sendiri maupun orang lain
15. Meningkatkan rentang perhatian dan kemampuan menyelesaikan pekerjaan
16. Mengurangi pemikiran yang menghakimi
17. Meningkatkan kemampuan untuk segera kembali fokus setelah pikiran terpecah
18. Menebalkan korteks serebral, daerah otak yang berhubungan dengan perencanaan dan pengaturan emosi
19. Mengurangi reaksi emosional otomatis (sepeti ledakan kemarahan atau serangan panik)
20. Memperbanyak area abu-abu dan memperbesar ukuran otak

Orang-orang dari berbagai budaya melakukan meditasi kesadaran. Dengan 5 menit praktik setiap hari, Sahabat akan segera melihat perbaikan ini. Ini adalah salah satu perbaikan terbaik yang pernah ada.

 

 
02-bhn-iklan-kabaringan-com

Sahabat Kabaringan, ternyata belajar internet itu mengasyikan... apa lagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... sesuatu banget deh... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah ini solusinya.... & dapatkan Tutorial Gratis Internet Marketing selama 1,5 Tahun!