Tips Atasi Wajah Berminyak Pada Pria

Bagi sebagian pria, mempunyai wajah yang berminyak akan terasa menyebalkan. Wajah yang berminyak bisa membuat seorang pria menjadi minder, kurang percaya diri.

Wajah berminyak juga merupakan tempat yang pas untuk tumbuhnya jerawat atau komedo.

Bila Sahabat Kabaringan merasa wajah berminyak sebagai suatu hal yang mengganggu, berikut sejumlah tips yang mudah dilakukan untuk mengurangi sering berminyaknya wajah.

1. Perbaiki Gaya Hidup

Kebiasaan hidup merupakan faktor utama yang berpengaruh dalam hal kesehatan, dalam hal ini adalah wajah. Wajah merupakan reperesentasi dari seluruh keadaan tubuh.

Dalam hal wajah berminyak, gaya hidup yang perlu diperbaiki adalah berupa beristiahat dan menghindari stress.

Istirahat pada malam hari selama kurang lebih delapan jam akan menstimulasi pertumbuhan dan pergantian sel-sel tubuh yan rusak. Juga menormalkan kembali kadar hormon yang memicu minyak untuk tumbuh.

Stress perlu dihindari karena stress memicu hormon kortisol yang berakibat minyak di wajah keluar secara berlebihan.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Kesehatan tubuh akan sangat dipengaruhi makanan yang dikomsumsi. Makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan vitamin mempunyai peran meregenerasi sel-sel kulit. Vitamin dalam makanan, utamanya buah dan sayuran, mempunyai fungsi sebagai nutrisi kulit yang kemudian bertindak sebagai pelembab. Makanan sehat seperti ikan, buah atau sayuran juga mempunyai kandungan yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

Konsumsi air putih secara teratur juga dapat memberikan efek pada kulit wajah berminyak. Air putih dapat menjaga kulit wajah tetap terhidrasi sehingga dapat meregenerasi kolagen dalam kulit wajah. Kolagen mempunyai peran penting yang membuat kulit terlihat kencang sehingga dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

3. Biasa Gunakan Sabun dan Pelembab Khusus Wajah

Khusus dalam hal ini, banyak diantara pria yang masih keliru soal mitos penggunaan sabun. Kadang pria beranggapan bahwa sabun mandi juga dapat dipakai untuk mencuci wajah, dan ini adalah mitos yang keliru. Sabun mandi mempunyai kandungan yang berbeda dengan sabun khusus wajah, sehingga penggunaanya pun berbeda. Sabun wajah atau scrub sudah didesain khusus sedemikian rupa hanya untuk digunakan khusus di wajah.

Setelah mendapatkan sabun khusus untuk mencuci muka, mulai lakukan kegiatan ini secara periodik dan simultan. Hal ini secara perlahan dapat mengurangi produksi kelenjar minyak secara berlebihan. Juga jangan terlalu kencang dan keras ketika sedang mencuci wajah, karena dapat merusak sel-sel di bawah kulit yang malah akan memicu kulit wajah mengeluarkan minyak lagi.

Setelah selesai mencuci wajah, lakukan perawatan dengan menerapkan pelembab. Gunakan produk yag sesuai dengan jenis kulit anda, baik itu dari bahan yang alami atau sudah beredar di pasaran.

4. Lakukan Olah Raga Secara Teratur

olahraga atasi wajah berminyak pria

Langkah terakhir dalam mengatasi kulit wajah berminyak adalah dengan berolah-raga. Olah raga yang rutin akan membuat peredaran darah lancar yang secara tidak langsung akan berdampak pada regenerasi kulit yang mati dan metabolisme tubuh terjaga.

Keringat dari olah raga akan mengeluarkan racun-racun jahat atau radikal bebas, sehingga wajah terhindar dari resiko berminyak. Olahraga di tanah lapang yang luas juga bagus dalam membantu menyehatkan kulit

Demikian 4 tips ini untuk mulai dijalankan. Semoga kekesalan karena wajah yang berminyak tidak muncul lagi.

Sumber kutipan : goodmenproject.com, www.metodesehat.com, www.mldspot.com, el124.com

Baca juga : Tips Atasi Wajah Berminyak Pada Wanita

Sahabat Kabaringan, ternyata belajar internet itu mengasyikan... apa lagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... sesuatu banget deh... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah ini solusinya.... & dapatkan Tutorial Gratis Internet Marketing selama 1,5 Tahun!