Tips Atasi Wajah Berminyak Pada Wanita

Sahabat, kulit wajah kita memiliki banyak jenis. Ada yang memiliki kulit kering ada pula yang berminyak. Wajah cepat berminyak saat kita aktif, atau beraktifitas di area tanpa pendingin ruangan. Masalahnya, selain wajah berminyak memberi kesan kusam, kulit yang berminyak pada wajah tersebut juga merupakan pemicu awal adanya komedo dan jerawat pada wajah. Apa lagi bila kita sedang berbincang dengan orang banyak, wajah berminyak seolah mengurangi sinarnya wajah.

Walaupun demikian, selain pengobatan kimiawi yang bersifat instan, kita juga dapat menggunakan cara-cara alami untuk mengatasi gangguan wajah berminyak.

Berikut 9 pilihan cara mengatasi wajah berminyak.

1. Mencuci Muka

Pilih sabun cuci muka untuk wajah berminyak. Gunakan sabun tersebut untuk mencuci muka dua kali sehari.

2. Gunakan Bengkoang dan Kentang

Ambil bengkoang dan kentang. Kupas dan cuci bersih, lalu tumbuk atau blender keduanya hingga halus. Jadikan campuran yang telah halus ini sebagai masker wajah. Jangan lupa, cuci dulu wajah sebelum diberi masker campuran ini. Lakukan hal ini sebelum tidur, agar dapat bertahan lama di wajah.
Selain menghilangkan minyak di wajah, bengkoang dan kentang juga mengecilkan pori-pori wajah.

3. Gunakan Seledri

seledri

Ambil daun seledri lalu potong kecil-kecil. Masukkan potongan seledri tersebut ke dalam wadah yang nberisi air mendidih dan biarkan terendam selama 15 – 20 menit. Setelah itu ambil daun seledrinya, dan biarkan air hasil rendaman menjadi dingin. Kemudian, gunakan air rendaman seledri yang telah dingin ini dengan mengoleskannya pada wajah dan biarkan air rendaman tersebut meresap dan mengering. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih. Lakukan hal ini setiap 2 hari sekali.

4. Manfaatkan Ketimun

Ambil 1 buah ketimun, belah 4 memanjang. Lalu bagian dalam yang berbiji agak dicacah dan usap-usapkan ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan 10 – 15 menit. Bersihkan dengan air hangat. Lalu lap dengan handuk bersih. Setelah itu beri pelembab.

5. Kertas Minyak Wajah

Ketika wajah terlihat berminyak, gunakan kertas khusus penyerap minyak dengan cara menepuk-nepukkannya dengan pelan. Jangan diusap karena wajah bisa iritasi dan hiasan make up menjadi rusak.

6. Make up

Beberapa bahan make up, seperti foundation dan bedak, juga bisa digunakan untuk mengontrol minyak pada wajah. Pilih jenis bedak bubuk yang mampu menyerap minyak.
7. Hati-hati Gunakan Tabir Surya

Penggunaan tabir surya berlebihan justru membuat wajah semakin tampak berminyak. Gunakan tabir surya secukupnya bilamana ke luar rumah.

8. Hindari Makanan Pedas

Makan makanan pedas tanpa terkontrol akan membuat wajah semakin berminyak.

9. Gunakan Krim Malam

Plih krim malam yang sesuai untuk kulit wajah berminyak. Penggunaan krim malam diperlukan karena malam hari kulit wajah pun juga bekerja untuk meregulasi kandungan air dan minyak pada wajah.

Demikian tips yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat bagi Sahabat.

Sumber kutipan : beautyhealthtips.in, inti-kesehatan.blogspot.co.id, www.specialtyproduce.com

Baca juga : Tips Atasi Wajah Berminyak Pada Pria

Sahabat Kabaringan, ternyata belajar internet itu mengasyikan... apa lagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... sesuatu banget deh... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah ini solusinya.... & dapatkan Tutorial Gratis Internet Marketing selama 1,5 Tahun!