Tips Dasar Menggunakan Mobil Bertransmisi Otomatis

Bagi kita yang baru saja membeli mobil otomatis, kira-kira tips-tips dasar apa yang perlu dilakukan agar mobil tersebut dapat terawat dengan baik dan awet?

01. Perawatan apa saja yg harus diperhatikan untuk mobil otomatis?

Praktis untuk automatic-nya tidak ada perawatan khusus kecuali mengganti oli matic sesuai petunjuk pabrikan.

02. Hal apa yang tidak boleh dilakukan pengemudi mobil otomatis?

Saat memarkir mobil, ketika memindahkan posisi gigi maju ke gigi mundur atau sebaliknya, mobil harus benar-benar berhenti.

Biasakan TIDAK memakai kaki kiri untuk menginjak rem. Seringkali pengendara takut mobilnya bergerak mendadak sehingga menginjak rem dengan kaki kiri. Yang dikhawatirkan ialah di luar kesadaran kita, rem masih diinjak di saaat yang sama pedal gas juga diinjak, artinya tenaga mesin yang disalurkan transmisi tertahan oleh rem. Hal ini bisa merusak transmisi.

Bila mobil harus diderek, PASTIKAN roda penggerak terangkat. Hal ini untuk menghindari tekanan balik oli transmisi.

Demikian pula bila mobil harus ditarik/didorong, PASTIKAN kecepatan di bawah 40 km/jam, supaya tidak terjadi tekanan balik.

03. Bagaimana posisi persneling saat berkendara dengan posisi menanjak?

Untuk menanjak, kita bisa saja biarkan tuas persneling tetap pada posisi D karena jika mesin sudah tidak mampu lagi, tentu persneling akan berpindah gigi dengan sendirinya.

Boleh saja kita memindahkan tuas ke posisi 2 bahkan 1 untuk tanjakan yang curam.

Bilamana pada mobil matic masih menggunakan tombol OD (over drive), maka non aktifkan OD (OD off). Setelah tanjakan dapat dilalui, jangan lupa mengembalikan posisi gigi ke D kembali dengan OD on.

04. Bagaimana sebaiknya pengisian BBM ke tangkinya? (Apakah harus full atau tidak boleh full?)

Untuk pengisian bensin, ada baiknya tidak terlalu penuh (sampai luber) karena saat bensin dipompa ke mesin, tangki bensin TETAP PERLU UDARA demi kelancaran suplai bahan bakar.

Jika sampai terjadi vacuum di dalam tangki, maka suplai bensin akan terganggu (tugas pompa bahan bakar menjadi berat). Sering kali kita mendengar suara desis ketika membuka tutup tangki bensin, itulah kejadian vacuum.

Sebetulnya, tangki bensin sudah dilengkapi dengan lubang pernapasan, namun kejadian vacuum masih saja sering terjadi karena lubang pernapasan tadi tersumbat kotoran atau pemasangan yang tidak rapi.

Walaupun demikian di tahun-tahun mendatang tips-tips ini juga akan menyesuaikan dengan perbaikan dan kemajuan dari mobil-mobil bertransmisi otomatis yang diciptakan. Tentunya perbaikan-perbaikan dari mobil tersebut akan selalu terjadi.

Baca Juga :

 

 
02-bhn-iklan-kabaringan-com

Sahabat Kabaringan, ternyata belajar internet itu mengasyikan... apa lagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... sesuatu banget deh... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah ini solusinya.... & dapatkan Tutorial Gratis Internet Marketing selama 1,5 Tahun!