Tips Atasi Mobil Bergetar Saat Direm

Suatu ketika ada seorang teman mengendarai mobil jazz. Pada saat mencapai kecepatan 100 km/jam ke atas, saat direm mobil langsung bergetar. Apa yang sebenarnya terjadi? Dan apa yang harus dilakukan bila Sahabat mengalami hal ini?

Jika dilakukan pengereman terasa bergetar, jelas rem ada masalah. Untuk mengetahui rem mana yang bermasalah bisa diketahui dengan cara ini :
• Jika saat mengerem yang bergetar setir, biasanya rem depan yang bermasalah.
• Jika bodi yang bergetar pada saat direm, biasanya yang dicurigai adalah rem belakang

Untuk kasus rem depan, pada umumnya hal ini disebabkan karena piringan rem yang sudah tidak rata (bergelombang)

Untuk memperbaiki masalah ini kita dihadapkan pada dua pilihan yaitu piringan rem (rotor disc) dibubut atau piringan rem diganti baru.

009 010

Jangan lupa untuk memeriksa brake pads karena mungkin sudah habis sehingga rotor disc berhadapan langsung dengan dudukan/alas brake pads yang berakibat rotor disc mengalami panas berlebihan.

Ada pun bila kasusnya adalah rem belakang, penyebabnya pun kurang lebih sama yaitu rotor disc atau drum brake yang sudah bergelombang akibat panas yang berlebih.

Hal ini bisa terjadi karena rem tangan yang lupa diturunkan dalam waktu lama, sehingga selama perjalanan seperti setengah rem terus menerus. Atau, bisa juga karena penyumbatan pada selang rem belakang, sehingga minyak rem sulit kembali ketika pedal rem dilepaskan. Akibatnya, brake shoe atau brake pads tidak “lepas” secara sempurna.

012-brake-pads

Jika kita menemukan masalah ini, selain membubut atau mengganti rotor disc/drum brake, kita juga harus mencermati kondisi brake shoe/brake pads. Bila masa pakainya sudah habis, sebaiknya diganti saja.

Hal ini karena jika rotor disc/drum brake yang sudah dibubut/diganti harus bekerja sama dengan brake shoe/brake pads yang sudah tidak rata atau malah sudah mengeras maka hal ini akan memperpendek umur rotor disc/drum brake tersebut. Selain itu kinerja rotor disc juga menjadi tidak maksimal.

Demikian tips yang dapat dilakukan untuk kasus rem mobil yang bergetar. Semoga bermanfaat.

Sahabat Kabaringan, ternyata belajar internet itu mengasyikan... apa lagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... sesuatu banget deh... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah ini solusinya.... & dapatkan Tutorial Gratis Internet Marketing selama 1,5 Tahun!